Guluk-Guluk, Sumenep, Jawa Timur

SELAMAT DATANG DI SD NEGERI PAYUDAN DALEMAN I, BERSAMA MEMBANGUN KARAKTER BANGSA

Guru Hebat itu Mengilhami, dibalik Siswa yang Hebat terdapat Guru yang Hebat

WWW.INFOKEMENDIKBUD.ONLINE _ diidentikkan dengan guru, mempunyai makna 'digugu dan ditiru' yang artinya, mereka menjadi contoh dan panutan.

Keberhasilan pelajar di sekolah tidak hanya ditentukan antusias belajar yang tinggi. Banyak penopang lain untuk mewujudkan prestasi gemilang. Tidak banyak orang menyadari bahwa keberhasilan atau prestasi yang di gapai oleh pelajar kita sesungguhnya bukan murni hasil jerih payah pelajar itu sendiri, ada peran penting guru disana, disamping peran signifikan orangtua.

Guru merupakan suatu pekerjaan yang mulia, dan disebut sebagai tenaga profesional sebagaimana telah diakui dan diatur dalam Undang-Undang. Hal ini berarti tidak sembarangan orang dapat menjadi guru, hanyalah mereka yang memiliki keahlian.

Inti dari sebuah sekolah adalah guru. Guru merupakan “Kurikulum Hidup”. Bisa dibayangkan jika di dunia tidak ada guru. Kita tetap akan menjadi pribadi yang cerdas, namun dalam skala primitif. Ditangan gurulah masa depan siswa dipertaruhkan
Soekarno (Presiden Pertama RI) menyatakan bahwa guru hanya bisa memberi apa yang dia miliki, bukan apa yang ia inginkan/harapkan untuk siswa, artinya guru betul-betul memiliki kemampuan, skill, sikap yang melekat pada dirinya. Guru betul-betul menjadi teladan bagi siswanya artinya guru menjadi contoh tapi bukan memberi contoh.

Gambaran guru yang demikian merupakan guru yang dibutuhkan sehingga dapat memberikan motivasi dan inspirasi bagi peserta didiknya.
Bagi siswa, seorang guru merupakan sosok yang spesial. Menurut Ahmadi Guru atau pendidik berperan sebagai pembimbing dalam melaksanakan proses belajar mengajar. Menyediakan keadaan-keadaan yang memungkinkan peserta didik merasa nyaman dan yakin bahwa kecakapan dan prestasi yang dicapai akan mendapat penghargaan dan perhatian sehingga dapat meningkatkan motivasi berprestasi peserta didiknya.

Peran guru disekolah tidak dapat digantikan oleh teknologi secanggih apapun. Oleh karenanya, guru harus benar-benar menyiapkan diri menjadi guru yang hebat. Guru yang hebat adalah guru yang mengabdikan dirinya secara totalitas dan memandang bahwa mencerdaskan siswanya adalah kewajibannya. Salah satu ciri utama guru hebat adalah menjadi guru dihati siswa bukan menjadi guru dimata siswa.

Pengertian guru yang hebat adalah guru yang memiliki kompetensi yang dapat memberdayakan pelajar yang dididiknya.
Secara spesifik, guru hebat memiliki karakter berikut; Kompeten di bidangnya, Kreatif menyuguhkan materi pembelajaran di kelas, Antusias alias bersemangat melakukan trasfer ilmu, Kepedulian yang tinggi terhadap hambatan belajar siswa, Menjadi sahabat para siswa bahkan kawan curhat, Stimulus respon yang positif untuk membangkitkan gairah belajar, Teladan dalam prestasi (bersifat akademik dan non-akademik)

Saya seorang guru seperti juga pembaca baik dalam konteks formal, informal,non formal. Kompetensi yang dimiliki untuk menjadi unggul atau profesional sangat menentukan keberhasilan belajar para pembelajar yang diajarnya. Oleh karnanya menjadi guru hebat untuk mencetak para pembelajar hebat harus dimulai dari seorang guru yang hebat.

Sumber : dompetdhuafa.org



Share: whatsapp

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Postingan Populer

Contact Us

Nama

Email *

Pesan *

Statistik Blog

Pengikut Blog