Guluk-Guluk, Sumenep, Jawa Timur

SELAMAT DATANG DI SD NEGERI PAYUDAN DALEMAN I, BERSAMA MEMBANGUN KARAKTER BANGSA

BAGAIMANA MENGURUS IJAZAH YANG HILANG?

Ijazah adalah surat pernyataan resmi dan sah yang berlaku secara nasional dan menyatakan bahwa seorang peserta didik telah tamat belajar atau telah lulus ujian sekolah dan ujian nasional. Ijazah merupakan salah satu surat penting, sehingga harus disimpan secara baik-baik agar tidak hilang atau rusak. 12 tahun di bangku sekolah, mulai dari SD, SMP hingga SMA dan melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi jangan sampai menjadi sia-sia karena Ijazah yang hilang atau rusak, jadi simpan baik-baik masing masing Ijazah dari setiap jenjang pendidikan.
Jika anda ingin kuliah, maka Ijazah SMA memiliki peran penting sebagai syarat untuk melanjutkan ke perguruan tinggi atau mencari pekerjaan. Bahkan untuk Warga Negara Indonesia yang lahir setelah tahun 1980 wajib menyertakan Ijazah sebagai salah satu syarat pembuatan paspor. Jadi jika tidak memiliki Ijazah maka tidak dapat membuat paspor. Karena itu memiliki Ijazah sangat penting.
Namun sering kali orang ceroboh, di mana Ijazah tidak disimpan baik-baik, bahkan ada juga yang ijazahnya telah lenyap, baik itu hilang atau rusak. Hal ini dikarenakan sebagian orang ada yang berpikir bahwa dia tidak akan membutuhkan Ijazahnya lagi. Padahal sewaktu-waktu Ijazah masih diperlukan, seperti: melamar pekerjaan, melanjutkan kuliah dan yang paling sering terlupakan adalah Ijazah merupakan salah satu syarat pembuatan paspor.
Namun jika kita kena musibah bencana alam maupun hilang inilah berkas-berkas yang harus dipersiapkan.
1. Surat Keterangan hilang dari Kepolisian
2. Surat keterangan hilang dan benar-benar siswa di sekolah tersebut.
3. Surat pernyataan benar-benar siswa dari guru sekolah tersebut.
4. Surat pernyataan dari teman sekelasnya.
5. Surat permohonan penggantian ijazah dari kepala sekolah mengetahui UPT Pendidikan         setempat.
Kemuadian berkas-berkas tersebut dibawa ke Dinas pendidikan kota/kabupaten di mana anda lulus. 
Semuga bermanfaat
Share: whatsapp

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Postingan Populer

Contact Us

Nama

Email *

Pesan *

Statistik Blog

Pengikut Blog